Skip to main content

15 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Tubuh

Manfaat vitamin A banyak sekali, diantaranya sanggup meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker, mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit, dan sebagainya. Tubuh yang sehat membutuhkan banyak sekali asupan nutrisi. Sejak kecil, kita sering mendengae nasihat dari orangtua atau guru kita yang perihal pentingnya gizi yang seimbang bagi kesehatan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain protein, karbohidrat, vitamin, dan sebagainya.

Tubuh tidak sanggup menciptakan vitamin sendiri dan perlu mendapat vitamin tersebut dari daerah lain. Vitamin merupakan senyawa kompleks yang sangat diharapkan untuk tubuh, hal ini lantaran vitamin yang sanggup menciptakan metabolisme menjadi teratur dan baik untuk masa pertumbuhan.

Vitamin terdiri dari banyak sekali jenis dan semuanya mempunyai fungsi masing-masing. Sekarang kita akan membahas perihal vitamin A. Vitamin A ialah salah satu vitamin aktif yang sanggup larut dalam lemak serta disimpan oleh tubuh di dalam hati.

 diantaranya sanggup meningkatkan kesehatan mata 15 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh
Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwasannya vitamin A sanggup bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, manfaat vitamin A bukan hanya itu saja, banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Vitamin A banyak terdapat di dalam banyak sekali jenis masakan yang kita konsumsi. Vitamin A sanggup berasal dari hewani dan nabati. Berikut sumber vitamin A.

Sumber Vitamin A

 diantaranya sanggup meningkatkan kesehatan mata 15 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Sumber Vitamin A Hewani

Daging serta banyak sekali jenis produk hewani mempunyai banyak kandungan vitamin A di dalamnya yang berbentuk retinol yang apabila diproses tubuh membentuk asam retinoat. Berikut sumber vitamin A hewani.
1. Daging ayam
2. Daging bebek
3. Hati ayam
4. Hati sapi
5. Ginjal domba
6. Telur
7. Susu dan keju
8. Ikan (cakalang, tongkol, sarden, gabus)

Sumber Vitamin A Nabati

Makanan nabati menyerupai berasal dari flora mengandung vitamin A yang terkandung yakni karotenaid. Apabila menentukan sayuran yang mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, maka pilihlah sayuran yang berwarna jingga, hal ini lantaran sayuran yang berwarna jingga mengandung betakaroten yang merupakan bentuk dari vitamin A. Wortel ialah sumber vitamin A nabati yang paling umum sudah dikenal masyarakat luas. Namun, wortel bukanlah satu-satunya dari sumber vitamin A nabati. Sayuran yang mengandung sumber vitamin A nabati antara lain :
1. Wortel
2. Cabai merah
3. Bayam
4. Kacang panjang
5. Kangkung
6. Sawi
7. Tomat
8. Brokoli
9. Paprika

Buah-Buahan Sumber Vitamin A

Sumber vitamin A nabati bukan hanya sayuran saja, banyak banyak sekali macam buah yang mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi. Seperti halnya pada sayuran, buah-buahan yang mempunyai warna jingga mempunyai kandungan vitamin A yang melimpah. Berikut buah-buahan sumber vitamin A.
1. Buah naga
2. Apel
3. Mangga
4. Anggur
5. Pepaya
6. Pisang
7. Jambu Biji
8. Melon
9. Semangka
10. Belimbing
11. Blewah

Daftar di atas merupakan sebagian besar vitamin A yang banyak ditemui. Selain dari daftar diatas, banyak juga makanan-makanan lainnya yang banyak mengandung vitamin A. Contohnya menyerupai umbi-umbian menyerupai ubi jalar juga mempunyai kandungan vitamin A melimpah. Bahan-bahan masakan tersebut sanggup untuk diolah lebih lanjut guna menjadi banyak sekali jenis masakan yang bervariasi dan enak sehingga cocok untuk bawah umur atau orang bakir balig cukup akal yang tidak begitu suka dengan sayur dan buah-buahan. Tetapi, pada ketika mengolah apabila salah memasak bahan-bahan masakan tersebut, sanggup menimbulkan kandungan vitamin A menjadi semakin menurun dan justru hilang sama sekali. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kandungan vitamin A yakni dengan menjaga masakan tersebut tetap dalam keadaan segar. Salah satu cara lainnya yakni dengan menghindari memasak sayuran dengan terlalu lama. Berikut manfaat vitamin A

Manfaat Vitamin A

  1. Menjaga Kesehatan Mata
  2. Salah satu manfaat vitamin A yang utama yakni untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A merupakan salah satu zat gizi yang sangat penting dan mempunyai tugas dalam proses melindungi serta meningkatkan kesehatan mata.
  3. Mengoptimalkan Perkembangan janin
  4. Kita juga mengetahui bahwa vitamin A merupakan vitamin yang bisa untuk larut dalam lemak dan air. Oleh lantaran itu, dengan mencukupi kebutuhan vitamin A sanggup membantu dalam tumbuh kembang si janin. Vitamin A sanggup membantu dalam perkembangan mata, tulang, serta kesehatan kulit janin.
  5. Antioksidan
  6. Salah satu bentuk vitamin A yang populer yakni Beta Karoten. Beta Karoten yakni senyawa yang mempunyai aktifitas antioksidan yang sanggup menangkal dari serangan radikal bebas. Baik itu suatu radikal bebas yang berasal dari polusi ataupun oksidasi tubuh.
  7. Mengatasi Jerawat
  8. Sebagian besar dari kita banyak yang terkena jerawat. Wortel segar, aprikot, dan apel sanggup mengatasi jerawat. Vitamin A sanggup membantu dalam mengatasi problem jerawat, terlebih terhadap orang yang mengalami problem jerawat yang parah. Vitamin A sanggup mengurangi produksi sebum berlebih di kulit.
  9. Mengatasi Keriput
  10. Vitamin A mengandung sejumlah besar beta karoten dan retinol, antioksidan kuat, yang dikenal sanggup melawan radikal bebas di kulit. Sehingga asupan vitamin A yang mencukupi sanggup mengurangi munculnya garis-garis halus, bintik-bintik gelap dan pigmentasi.
  11. Mengurangi Stretch Marks
  12. Vitamin A sanggup membantu dalam regenerasi sel-sel kulit gres dengan cara mengganti sel-sel mati. Sel-sel gres mengarah pada pembentukan kulit yang sehat dan mulus, yang pada kesannya akan mengurangi stretch mark.
  13. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala
  14. Vitamin A sanggup menjaga produksi sebum yang seimbang di kulit kepala, sehingga sanggup mencegah kulit kepala dan rambut menjadi kering. Antioksidan dalam vitamin A mengatur sekresi minyak dan dengan demikian menimbulkan kulit kepala menjadi lebih sehat.
  15. Mencegah Rambut Rusak
  16. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin A sehingga sanggup mencegah pembentukan radikal bebas, dan melindungi rambut dari kerusakan akhir radikal bebas tersebut. Hal ini sanggup membantu dalam memulihkan rambut yang bersinar secara alami.
  17. Mengurangi Ketombe
  18. Vitamin A sanggup membantu dalam mengatur produksi sebum di kulit kepala, dengan demikian sanggup mengurangi pembentukan ketombe. Dengan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, hati, keju sanggup mengurangi ketombe.
  19. Melawan Infeksi
  20. Vitamin A sanggup membantu dalam pertumbuhan sel-sel darah putiht yang membantu melawan jerawat dalam tubuh.
  21. Menyehatkan Tulang
  22. Vitamin A sanggup menyehatkan tulang, Vitamin A yang terdapat dalam tubuh kemudian diubah menjadi asam retinoat yang diserap oleh tulang.
  23. Memperkuat Gigi
  24. Gigi kita terdiri dari zat keras yang disebut dentin yang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kekuatan dan kekerasan alaminya.
  25. Membantu Pertumbuhan Regenerasi Sel
  26. Vitamin A membantu dalam pertumbuhan sel-sel gres dan jaringan dengan mengganti yang lama.
  27. Mencegah Kanker
  28. Manfaat yang paling penting dari vitamin A yakni membantu dalam mencegah kanker. Asupan vitamin A yang mencukupi sanggup menghambat produksi DNA yang terdapat dalam sel-sel kanker.
  29. Penyembuhan Luka
  30. Vitamin A sanggup meningkatkan dalam proses penyembuhan luka, bekas luka, luka bakar, dan sebagainya. Hal ini lantaran vitamin A membantu dalam regenerasi sel-sel gres dan sehat. Sebagian besar salep yang beredar kini kaya akan vitamin A.

Kekurangan Vitamin A


Apa yang terjadi apabila kekurangan vitamin A? Kekurangan vitamin A sanggup menimbulkan gangguan pada kornea mata. Menurut WHO, kekurangan vitamin A merupakan salah satu faktor sangat besar lengan berkuasa terhadap angka ajal bayi. Bayi yang lahir dan dengan mempunyai berat badan yang rendah merupakan tanda bahwa bayi tersebut defisiensi (kekurangan) vitamin A.

Anak-anak yang tidak mendapat asupan vitamin A yang mencukupi sanggup dengan gampang terjangkit infeksi, sehingga suatu penyakit yang bahwasanya sanggup disembuhkan berbalik menjadi sebuah penyakit yang mematikan. Tidak hanya menyerang pada anak-anak, orang bakir balig cukup akal pun yang tidak mendapat asupan vitamin A yang cukup sanggup mengalami problem pada penglihatan mata, banyak sekali jenis penyakit kulit, gangguan sistem pencernaan, dan menghambat proses pertumbuhan.

Meskipun kekurangan vitamin A merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, asupan vitamin A yang berlebihan pun juga bukan hal yang baik untuk tubuh. Untuk orang dewasa, batasannya sekitar 3000 Mikrogram setiap harinya. Gangguan pada organ hati merupakan salah satunya, lantaran di organ hati cadangan vitamin A disimpan.

Tidak nafsu makan, mual, pusing, menstruasi berhenti merupakan sebagian dari banyak sekali tanda-tanda kelebihan vitamin A. Apabila sudah parah, vitamin A yang berlebihan sanggup memicu kerusakan hati, kanker, osteoporosis, dan sakit ginjal. Pastikanlah untuk mendapat asupan vitamin A yang seimbang, jangan berlebihan dan juga jangan hingga kekurangan. Itulah sumber vitamin A, manfaat vitamin A, dan yang terjadi apabila kekurangan vitamin A.

Comments

Popular posts from this blog

8 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin C . Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sanggup larut dalam air serta berperan penting dalam menangkal aneka macam penyakit. Vitamin C dikenal dengan nama kimia yaitu asam askorbat. Vitamin C merupaka vitamin antioksidan yang mempunyai manfaat untuk menangkal aneka macam serangan radikal bebas ekstraselular. Vitamin C sangat gampang teroksidasi oleh panas, cahaya, serta logam. Jeruk sudah banyak dikenal mempunyai vitamin C terbanyak, namun lemon mempunyai kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada buah jeruk. Berikut manfaat vitamin C. Manfaat Vitamin C Melawan kanker Salah satu manfaat vitamin C sanggup bermanfaat untuk melawan kanker. Beberapa perempuan yang sering mengkonsumsi makanan menyerupai buah-buahan yang mengandung vitamin C , sanggup mempunyai risiko yang lebih rendah terkena kanker payudara. Ada beberapa riset yang mengindikasikan bahwa manfaat vitamin C tersebut sanggup dijadikan sebagai racun terhadap sel-sel kanker tertentu.

Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, Dan Sumber Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat Pengertian karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu senyawa organik yang melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari karbon, hidrogen, serta oksigen. Karbohidrat mempunyai aneka macam fungsi untuk makhluk hidup, terutama sebagai sumber materi bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan, dan materi pembangun (seperti selulosa pada tumbuhan, kitin pada binatang serta jamur). Pada proses fotosintesis, flora hijau sanggup mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat. Karbohidrat mengandung gugus fungsi karbonil serta banyak juga mengandung gugus hidroksil. Istilah karbohidrat pada awalnya dipakai pada golongan senyawa yang mempunyai rumus (CH2O)n. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana yang terdiri dari satu molekul gula sederhana disebut monosakarida, contohnya glukosa. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari aneka macam molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta sanggup bercabang-cabang yang disebut

Inilah 11 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai . Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang dibentuk dari kacang kedelai. Susu kedelai disebut sebagai susu lantaran minuman ini berwarna putih kekuningan yang hampir ibarat dengan susu. Susu kedelai sudah lazim disajikan sebagai hidangan sarapan pagi. Kacang kedelai termasuk salah satu protein nabati. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mengkonsumsi kacang kedelai lantaran mempunyai banyak manfaat serta rasanya jauh lebih enak. Kacang kedelai mempunyai nilai gizi yang baik untuk dikonsumsi bawah umur maupun orang dewasa. Susu kedelai mempunyai komposisi yang hampir ibarat dengan susu yaitu : 3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat . Menurut para jago nutrisi, susu kedelai bukanlah termasuk kategori susu, hal ini lantaran susu merupakan cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu yang terdapat pada mamalia dan manusia. Susu kedelai telah banyak dikonsumsi pada beberapa negara barat sebagai pengganti susu sapi. Karena susu kedelai tidak mengandun