Skip to main content

16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Jagung merupakan tumbuhan penghasil karbohidrat selain gandum dan padi. Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Meskipun dipandang sebagai sayuran, sebetulnya merupakan biji-bijian makanan. Pada masa kini ini, sudah banyak jagung yang menjadi komponen penting dalam kuliner binatang ternak. Jagung merupakan sumber minyak pangan serta materi dasar dari tepung maizena. Berbagai produk olahan hasil jagung menjadi sebuah materi baku pada aneka macam produk industri.

Dari sisi botani dan agronomi, tumbuhan jagung merupakan salah satu tumbuhan yang mempunyai model yang menarik. Sejak kala ke-20, tumbuhan jagung sudah menjadi objek penelitian genetika yang cukup intensif. Secara fisiologi, tumbuhan jagung sanggup tergolong tumbuhan C4 sehingga amat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, balasan dari tumbuhan jagung yang dramatis serta khas terhadap kekurangan unsur-unsur hara penting mengakibatkan tumbuhan jagung sebagai salah satu flora percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.
 Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Jagung ialah salah satu jenis kuliner sanggup dengan gampang untuk dikenali dari bentuk fisiknya yaitu terdapat biji yang mempunyai warna kuning serta letaknya berderet memanjang mengelilingi tongkolnya. Terdapat aneka macam cara untuk menikmati jagung ini, sanggup dengan di bakar dan rebus. Jagung yang sudah berumur agak bau tanah sanggup dijadikan popcorn. Manfaat jagung juga sangat baik untuk dikonsumsi. Dibalik rasanya yang enak, jagung juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manusia membutuhkan banyak energi untuk melaksanakan acara dan berpikir setiap hari. Dengan mengkonsumsi aneka macam jenis kuliner yang mengandung karbohidrat merupakan solusi yang sempurna untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat. Banyak kuliner yang mengandung karbohidrat antara lain gandum, beras, dan jagung yang merupakan kuliner yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh manusia. Jagung juga banyak menyimpan nutrisi lainnya selain karbohidrat. Berikut manfaat jagung bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Jagung

  1. Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
  2.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Serat yang terkandung dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut membantu proses pencernaan kuliner supaya lebih lancar. Berbagai duduk masalah pencernaan menyerupai susah BAB tidak akan menyiksa lagi.
  3. Memperkokoh Tulang
  4.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut sanggup menutrisi tulang untuk lebih berpengaruh dan kokoh. Jagung sanggup meminimalkan resiko terkena osteoporosis.
  5. Menjadikan Kulit Menjadi Awet Muda
  6.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Kandungan antioksidan dalam jagung yang melimpah sanggup membantu untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Jagung sanggup dijadikan sebagai salah satu alternatif supaya kulit menjadi lebih infinit muda dan tampil fresh.
  7. Mencegah Anemia
  8.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Salah satu tanda-tanda anemia yaitu sering pusing kepala. Jagung mengandung vitamin B dan asam folat yang mempunyai kegunaan dalam mencegah anemia.
  9. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  10.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang sanggup berfungsi dalam mengontrol kandungan kadar kolesterol dalam darah serta bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  11. Menyehatkan Organ Penglihatan
  12.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung merupakan salah satu sumber beta karoten. Beta karoten merupakan merupakan pembentuk vitamin A dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi jagung dalam batas normal sanggup membantu dalam mencukupi nutrisi yang dibutuhkan organ mata.
  13. Mencegah Diabetes
  14.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung mengandung fitokimia yang sanggup mengatur perembesan dan pelepasan hormon insulin dalam tubuh. Jagung merupakan salah satu kuliner yang bergizi yang sanggup mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.
  15. Mengurangi Resiko Wasir
  16.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Dalam secangkir jagung mengandung serat yang sanggup mencukupi sekitar 18,4% serat dari jumlah kecukupan harian yang dibutuhkan dan sanggup mencegah duduk masalah pencernaan menyerupai ambeien dan sembelit. Serat sanggup membantu melancarkan buang air besar, yang sanggup merangsang gerak peristaltik serta merangsang produksi asam lambung dan juga empedu. Hal tersebut tentunya sanggup mengurangi kemungkinan terjangkit diare.
  17. Menurunkan Kolesterol Jahat
  18.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Menurut Journal of Nutritional Biochemistry beropini bahwa dengan mengkonsumsi minyak kulit jagung sanggup membantu dalam menurunkan kolesterol LDL. Penurunan kolesterol jahat tidak berarti juga pengurangan kolesterol baik yang mempunyai imbas menguntungkan untuk tubuh, termasuk sanggup mencegah penyakit jantung.
  19. Meningkatkan Energi
  20.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung merupakan salah satu kuliner yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Jagung juga sanggup bermanfaat untuk tetap menjaga fungsi otak dan sistem saraf. Secangkir jagung mengandung sekitar 29 gr karbohidrat. Jagung cocok untuk atlet alasannya yaitu mereka membutuhkan asupan karbohidrat yang banyak untuk mengoptimalkan kinerja latihan. Selain itu, jagung mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna secara lambat, sehingga memperlihatkan tingkat energi yang seimbang. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung beberapa jam sebelum berolahraga untuk mencukupi kebutuhan energi.
  21. Menambah Berat Badan
  22.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung cocok bagi orang yang ingin menambah berat badan. Untuk menambah berat tubuh perlu meningkatkan asupan kalori. Jagung kaya akan kalori dan karbohidrat yang membantu meningkatkan berat badan. Dengan demikian, jagung merupakan salah satu kuliner alternatik yang kaya akan karbohidrat. Secangkir jagung mengandung sekitar 130 kalori.
  23. Memperkuat Jaringan Ikat
  24.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jaringan ikat terdiri atas tulang, ligamen, tendon, otot, serta tulang rawan. Jagung mempunyai kandungan mangan mineral yang sanggup memperkuat jaringan ikat. Kandungan mangan juga sanggup menjaga kadar gula darah supaya tetap stabil dan memecah karbohidrat serta lemak untuk sanggup menyediakan energi. Secangkir jagung mengandung sekitar 12% dari asupan harian yang direkomendasikan dari mangan. Jagung mengandung sebagian besar mineral menyerupai magnesium, besi, tembaga, dan fosfor yang dibutuhkan bagi kesehatan tulang.
  25. Mencegah Kanker
  26.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Penelitian telah menunjukan bahwa jagung mengandung antioksidan yang sanggup melawan dan menghilangkan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, jagung merupakan sumber yang baik dari senyawa fenolik, asam ferulic yang efektif dalam memerangi tumor pada payudara dan hati.
  27. Baik dikonsumsi Selama Masa Kehamilan
  28.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung kaya akan sumber asam folat dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada perempuan hamil sanggup mengakibatkan kelahiran bayi dengan duduk masalah berat tubuh dan mengakibatkan kelainan neural tube ketika lahir. Namun, lebih disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  29. Mencegah Penyakit Alzheimer
  30.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Jagung merupakan sumber timin, yang merupakan berperan dalam reaksi enzimatik sentra produksi energi dan fungsi sel otak. Hal ini dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin, sebuah neurotransmitter yang penting untuk memori dan yang kekurangan sanggup mengakibatkan gangguan yang berkaitan dengan usia yaitu pikun dan penyakit Alzheimer.
  31. Mengatasi Rambut Rontok
  32.  Jagung dikatakan berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah 16 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh
    Minyak jagung memperlihatkan kombinasi besar asam lemak dan nutrisi menyerupai vitamin E. Dengan demikian, minyak jagung sanggup membantu untuk menjaga folikel rambut tetap terhidrasi, bergizi baik, dan mencegah penuaan dini. Antioksidan mencegah kerusakan sel dengan mengatasi radikal bebas. Oleh alasannya yaitu itu, minyak jagung efektif dalam mengatasi rambut rontok alasannya yaitu radikal bebas. Jagung mengandung vitamin K yang membantu dalam perembesan kalsium, sehingga mencegah rambut rontok.


Itulah manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian, jagung sanggup menjadi kuliner alternatif yang kaya akan manfaat. Jagung mengandung asam lemak yang tinggi dan tidak cocok bagi yang berada mempunyai penyakit jantung. Kebanyakan mengkonsumsi jagung atau minyak jagung sanggup memperburuk kondisi ini dan mengakibatkan kenaikan berat badan.

Comments

Popular posts from this blog

8 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat vitamin C . Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sanggup larut dalam air serta berperan penting dalam menangkal aneka macam penyakit. Vitamin C dikenal dengan nama kimia yaitu asam askorbat. Vitamin C merupaka vitamin antioksidan yang mempunyai manfaat untuk menangkal aneka macam serangan radikal bebas ekstraselular. Vitamin C sangat gampang teroksidasi oleh panas, cahaya, serta logam. Jeruk sudah banyak dikenal mempunyai vitamin C terbanyak, namun lemon mempunyai kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada buah jeruk. Berikut manfaat vitamin C. Manfaat Vitamin C Melawan kanker Salah satu manfaat vitamin C sanggup bermanfaat untuk melawan kanker. Beberapa perempuan yang sering mengkonsumsi makanan menyerupai buah-buahan yang mengandung vitamin C , sanggup mempunyai risiko yang lebih rendah terkena kanker payudara. Ada beberapa riset yang mengindikasikan bahwa manfaat vitamin C tersebut sanggup dijadikan sebagai racun terhadap sel-sel kanker tertentu.

Pengertian Karbohidrat, Fungsi Karbohidrat, Dan Sumber Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat Pengertian karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu senyawa organik yang melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri dari karbon, hidrogen, serta oksigen. Karbohidrat mempunyai aneka macam fungsi untuk makhluk hidup, terutama sebagai sumber materi bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan, dan materi pembangun (seperti selulosa pada tumbuhan, kitin pada binatang serta jamur). Pada proses fotosintesis, flora hijau sanggup mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat. Karbohidrat mengandung gugus fungsi karbonil serta banyak juga mengandung gugus hidroksil. Istilah karbohidrat pada awalnya dipakai pada golongan senyawa yang mempunyai rumus (CH2O)n. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana yang terdiri dari satu molekul gula sederhana disebut monosakarida, contohnya glukosa. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari aneka macam molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta sanggup bercabang-cabang yang disebut

Inilah 11 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai . Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang dibentuk dari kacang kedelai. Susu kedelai disebut sebagai susu lantaran minuman ini berwarna putih kekuningan yang hampir ibarat dengan susu. Susu kedelai sudah lazim disajikan sebagai hidangan sarapan pagi. Kacang kedelai termasuk salah satu protein nabati. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mengkonsumsi kacang kedelai lantaran mempunyai banyak manfaat serta rasanya jauh lebih enak. Kacang kedelai mempunyai nilai gizi yang baik untuk dikonsumsi bawah umur maupun orang dewasa. Susu kedelai mempunyai komposisi yang hampir ibarat dengan susu yaitu : 3,5% protein, 2% lemak, 2,9% karbohidrat . Menurut para jago nutrisi, susu kedelai bukanlah termasuk kategori susu, hal ini lantaran susu merupakan cairan yang hanya diproduksi oleh kelenjar susu yang terdapat pada mamalia dan manusia. Susu kedelai telah banyak dikonsumsi pada beberapa negara barat sebagai pengganti susu sapi. Karena susu kedelai tidak mengandun